Mengatasi diare pada anak saat mudik

02.34.00

Ketika dalam perjalanan mudik, hal yang agak mengganggu adalah ketika anak kita terserang diare. Tentu dong, orang tua kerepotan untuk mengatasi diare pada anak saat mudik. Mana jalan dalam keadaan macet lagi, suasana pun jadi berubah ngga enak didalam mobil. Badan balita pun terlihat lemas karena penyakit diare ini.




Seperti yang saya kutip dari wikipedia bahwa diare itu adalah sebuah penyakit di saat tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam. Nah loh...repotkan kalau si anak sampai berkali-kali buang air besar dalam perjalanan mudik. Entah itu mudik pakai mobil, atau alat transportasi lainnya dengan perjalanan yang lama sampai puluhan jam misalnya.

Penyebab diare kebanyakan oleh beberapa infeksi virus tetapi juga seringkali akibat dari racun bakteria. Oleh karena itu dianjurkan agar anak mengkonsumsi makanan dan air yang bersih dan cukup, kalau bisa dapat bawa dari rumah. Karena kita tidak tahu kan kualitas air dan makanan yang dibeli selama dalam perjalanan mudik.

Untuk cara mengatasi diare dengan cepat ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu :

*. Berikan obat Diare
Ya...tentu saja ini yang penting yaitu obat diare. Banyak pilihan obat diare dari berbagai merk. Anda tinggal pilih dan berikan pada sang anak/balita dengan dosis yang cukup. Atau bisa menggunakan larutan gula-garam sebagai pengganti oralit, yaitu dua sendok teh gula dan setengah sendok teh garam dapur dilarutkan ke dalam satu gelas air matang, bila kondisinya memungkinkan.

*. Kompres perut dengan air hangat untuk memberikan rasa nyaman pada anak.

*. Makan lebih sering tapi dengan porsi yang lebih sedikit, frekuensi teratur, dan jangan makan atau minum terlalu cepat.

*. Beri minum air bersih dan cukup untuk menghindari dehidrasi pada anak karena banyak mengeluarkan cairan ketika diare.

*. Bila diare tidak kunjung sembuh, carilah klinik atau rumah sakit yang terdekat. Jangan anggap remeh penyakit diare ini karena menurut data, dinegara berkembang, diare adalah penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 2,6 juta orang setiap tahunnya. Tidak mengapa perjalanan mudik anda menjadi lama, yang terpenting tindakan cepat perlu dilakukan untuk membawa lebih dahulu anak anda kedokter.

Cara menghindari diare selama perjalanan mudik, persiapan nya yaitu :

*. Obat diare
*. Bekal air dan makanan yang bersih dari rumah.
*. Makan buah salak atau jambu biji.
*. Jaga kebersihan tangan ketika makan.
*. Jaga agar anak tidak jajan sembarangan ketika berhenti diperjalanan untuk istirahat.

Semoga perjalanan mudik anda lancar sampai tujuan. Terimakasih sudah berkunjung.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan komentar dari pembaca artikel ini untuk kemajuan blog ini. Berkomentarlah sesuai isi artikel dan bukan spam. EmoticonEmoticon