Cara membuat artikel blog untuk blogger pemula

19.30.00

Setelah membuat blog, bagi seorang blogger hal yang paling utama adalah untuk membuat artikel blog nya. Posting artikel blog yang berkualitas adalah modal utama dalam dunia blogging. Bagaimana bisa disebut seorang blogger bila tanpa posting artikel. Blogger pemula adalah predikat yang diberikan untuk seseorang yang masih baru mengenal atau baru belajar membuat blog. Terus bagaimana cara membuat artikel blog untuk seorang blogger pemula?




Orang yang telah lama nge-blog, entah itu blognya sukses atau tidak, bisa dikatakan bahwa dia itu bukan seorang blogger pemula lagi. Cara membuat artikel blog nya pun sudah mahir. Karena seiring berjalannya waktu maka proses pembelajaran dan pengalaman nge-blog nya semakin bertambah.

Yang menjadi momok bagi seorang blogger pemula adalah membuat artikel blog. Tentu saja saya juga pernah mengalaminya, begitu juga anda, kecuali anda adalah memang seorang penulis yang baru membuat blog. Tidak seperti saya, membuat blog terlebih dahulu baru belajar menulis artikel . Sehingga kadang masih bingung mencari ide, bahan dan cara membuat artikel blog .

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Semakin sering anda membuat artikel maka anda akan terbiasa dan bisa jadi nantinya sebuah ide bisa anda kembangkan menjadi beberapa artikel. Saya pun pernah merasakan sulitnya membuat artikel untuk diposting ketika baru belajar ngeblog. Godaan pun datang, ingin rasanya meng copy paste artikel blog orang lain bila kehabisan ide. Tetapi saya berpikir lagi, gimana perasaan orang yang saya copy paste artikelnya, padahal saya merasakan sendiri membuat sebuah artikel itu sulitnya bukan main. Dari situlah saya berusaha belajar cara membuat dan menulis artikel blog sendiri walaupun masih berantakan dan teknik seo yang buruk tetapi saya bangga telah berhasil menulis artikel dan mempostingnya.

Sedikit tips bagi blogger pemula dalam membuat artikel blog :
1. Tentukan ide atau pokok pembahasan yang mau ditulis.
Cara mendapatkan ide  :
*. Dengan menonton televisi.
*. Dari buku-buku atau majalah yang kita punya.
*. Dari blogwalking atau browsing.
*. Dari aktifitas kehidupan kita sehari-hari. Biasanya kalau cara membuat artikel blog nya dari aktifitas kehidupan kita sendiri maka hasilnya adalah artikel yang bagus, 100% bukan copy paste.

2. Setelah anda mendapatkan ide, gabungkanlah beberapa sumber ide dalam satu artikel.
Misalnya anda mendapatkan ide dari televisi tentang "game pokemon GO".
*. Perhatikan dan pastikan agar anda mendapatkan poin dari berita di TV itu Misalnya "kecelakaan dari bermain pokemon GO" atau yang lainnya.
*. Cari sumber lain artikel tentang "kecelakaan dari bermain pokemon GO" dari majalah atau koran.
*. Browsing di search engine tentang "kecelakaan dari bermain pokemon GO".
*. Satukan atau gabungkan semua sumber tentang "kecelakaan dari bermain pokemon GO" yang didapat dalam satu artikel.
*. Rapikan dan susun artikel yang masih berantakan itu dengan membuang kata-kata atau kalimat yang tak perlu dan ganti dan kembangkan dengan kalimat anda sendiri sambil menerapkan teknik seo yang anda bisa pada artikel. Kalau masih bingung tentang seo tinggalkan saja dulu tidak usah pakai seo. Kalau mau pakai teknik seo juga lebih bagus lagi supaya artikel anda muncul di halaman atas search engine. Silahkan membaca postingan saya yang lain tentang "3 halaman google search semuanya postingan saya". Yang terpenting disini adalah membiasakan diri merangkai kata-kata dengan cara anda sendiri sehingga nantinya akan terbiasa menulis.
*. Bila telah berhasil jadi satu artikel maka postinglah dan "selamat anda berhasil"...mulailah mencari ide baru lagi untuk menulis dan membuat artikel blog selanjutnya. Kemudian anda bisa membaca artikel saya yang lain tentang '3 langkah dasar yang dilakukan setelah posting artikel '.

Resiko bila anda sering meng-copy paste artikel orang lain maka artikel blog anda lama kelamaan akan tenggelam dan tidak muncul di halaman search engine google sehingga visitor berkurang. Bila sipemilik artikel asli tidak mau artikelnya dicopas maka dia bisa melaporkan blog anda ke google ( baca tentang google DMCA ) dan google akan segera menindak lanjuti dengan meneliti terlebih dahulu, bila memang benar maka akan memberikan pinalty/hukuman pada blog yang meng-copas. Bahkan lebih parahnya lagi blog nya akan dihapus oleh google. Begitu juga dengan blog yang di copas, sedikit banyaknya akan merasakan dampak buruk akibat artikel blog nya telah dicopas.

Ya...itulah cara mudah menulis dan membuat artikel untuk blogger pemula. Dengan menggabungkan beberapa artikel dari beberapa sumber dan mengeditnya dengan kalimat anda sendiri. Bisa jadi artikel anda menjadi lebih unggul dari blog lain karena merupakan hasil penggabungan dan lebih lengkap isi nya. Yang terpenting adalah cara membuat artikel blog nya adalah bukan hasil copy paste sehingga tidak merugikan blog yang di copas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
7 Desember 2016 pukul 19.57 delete

membantu sekali infonya, thanks gan

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan komentar dari pembaca artikel ini untuk kemajuan blog ini. Berkomentarlah sesuai isi artikel dan bukan spam. EmoticonEmoticon