Kebaikan dan keburukan game pokemon GO

18.48.00

Game pokemon GO merupakan permainan yang sangat menarik dan menjadi hits dunia saat ini. Tetapi dibalik itu semua ada beberapa kebaikan dan keburukan game pokemon GO yang perlu diketahui dan tentang apakah game pokemon GO itu.




Apakah game pokemon GO ?

Pokemon GO dibuat dengan teknologi Augmented Reality atau perpaduan antara dunia nyata dan virtual. Game yang dirilis tanggal 6 juli 2016 ini ditujukan untuk pengguna mobile ios dan android. Niantic adalah pengembang dari game pokemon GO tersebut dengan perusahaan besar dibelakangnya yaitu nintendo.



Game ini hanya bisa didownload secara resmi di google play store di negara Selandia Baru, Australia, Amerika Serikat, dan Jerman. Selain keempat negara tersebut game pokemon GO hanya bisa didownload versi apk nya saja melalui situs lain selain google play store.


Kebaikan game pokemon GO .

a. Meningkatkan kreatifitas.
Kreatifitas akan meningkat karena anda bermain game dengan banyak pengalaman baru.

b. Fitur game yang bagus.
Anda akan mendapatkan game yang bagus dan menarik dengan kreatifitas baru dari pengembang game ini karena bermain game pokemon GO seolah-olah Anda berada di dunia permainan nyata.

c. Menjadi seorang traveller.
Game pokemon GO melibatkan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain. Anda dapat berkunjung ke tempat-tempat yang Anda belum pernah kunjungi sebelumnya.

d. Memperkuat interaksi sosial.
Game ini menjadikan seorang gamer pemalas berubah menjadi aktif keluar rumah dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

e. Baik untuk kesehatan tubuh.
Seorang pecandu game bila sedang bermain game akan kuat duduk berjam-jam sehingga otot tubuh menjadi lemah apalagi bila dibarengi dengan banyak mengkonsumsi cemilan. Hal ini bisa menimbulkan obesitas atau berbagai macam penyakit lainnya. Tetapi beda halnya dengan seorang pengguna pokemon GO, mereka akan keluar rumah untuk bermain game ini sehingga tubuhnya akan selalu bergerak dan aktif berjalan yang akan membakar kalori atau lemak yang ada sehingga baik untuk kesehatan.

f . Kesehatan mental / psikis membaik.
Ada rasa senang dan gembira ketika bermain game pokemon GO sehingga kecenderungan depresi dapat menurun dengan meningkatnya perasaan senang sehingga kesehatan mental / psikis membaik.

g. Menambah wawasan anak.
Dengan adanya tempat atau lokasi gedung yang dikunjungi akan menambah wawasan tentang nama gedung itu apa dan fungsi gedung tersebut.

h. Sebagai ajang promosi pariwisata.
Game pokemon GO bisa dimanfaatkan sebagai ajang promosi pariwisata sehingga banyak orang yang mengunjungi lokasi-lokasi wisata yang ada.


Keburukan game pokemon GO .

a. Baterai lebih boros
Permainan pokemon GO ini menguras baterai Anda sangat banyak karena Pokemon Go menggunakan banyak sumber daya dan sensor sekaligus. Baterai akan lebih cepat habis apalagi jika tanpa dibekali power bank.

b. Pemborosan kuota internet.
Game pokemon GO ini menghabiskan kuota internet kira-kira 80MB/jam. Bayangkan bila dimainkan dengan waktu sejam atau lebih perharinya, ditambah lagi dengan tarif internet yang masih mahal diindonesia.

C. Kemungkinan mendapatkan cedera lebih besar.
Banyak kejadian kecelakaan muncul sejak peluncuran game pokemon GO karena mereka menatap ke layar ponsel mereka sambil berjalan ketika bermain game sehingga tidak memperhatikan keadaan sekitar yang mungkin bisa mencederai mereka.

d. Menjadi seorang pecandu game.
Sangat disayangkan jika Anda nantinya anda menjadi pecandu game pokemon GO ini, karena pada akhirnya akan mengakibatkan pemborosan waktu berharga Anda.

e. Para Ulama Saudi dan Mesir telah berbicara tentang HARAMnya ‘game Pokemon GO’.
Ada beberapa pertanyaan ke Lajnah Daimah Lil Buhuts Ilmiah wal Ifta’, terdata di komisi bidang umum ulama besar KSA tentang hukumnya game pokemon ini. Lajnah memandang haramnya permainan ini dan haramnya harta hasil dari permainan ini karena itu termasuk perjudian yg haram, demikian juga haram jual beli permainan ini, karena hal itu merupakan sarana kepada apa yg diharamkan oleh Allah dan rasulNya.


Cukup sampai sini saja postingan artikel blog anoref saya mengenai kebaikan dan keburukan game pokemon GO. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian sebagai bahan pertimbangan tepat atau tidak nya game ini dimainkan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan komentar dari pembaca artikel ini untuk kemajuan blog ini. Berkomentarlah sesuai isi artikel dan bukan spam. EmoticonEmoticon