Cara mengatasi error 404 yang selalu muncul

05.34.00

Error 404 yang selalu muncul terus memang membuat pusing, apalagi jika jumlahnya mencapai ratusan bahkan ribuan. Dijamin pasti akan mempengaruhi rangking blog dipencarian google search engine. Seperti kita ketahui bahwa error 404 itu adalah kode halaman tidak ditemukan. Dan kita bisa mengatasinya dengan cara redirect otomatis url error 404 tersebut ke homepage blog agar tidak terjadi tampilan blank pada blog.

Banyak sekali faktor yang menimbulkan error 404 diantaranya adalah kesalahan pengunjung mengetikan url blog, menghapus postingan yang sudah terindex, pindah platform dengan import blog (misal dari mywapblog ke blogger) dan lain-lain. Memang untuk menghilangkannya butuh waktu yang cukup lama.

Seperti misalnya pada blog lama, kita sering submit url ke situs sosial bookmark. Otomatis jika ada pengunjung situs sosial bookmark tersebut mengklik url blog lama kita maka akan mendapatkan halaman tidak ditemukan.

Yup...cara satu-satunya kita harus menghapus error 404 dahulu diwebmasters baru kemudian me-redirect ke homepage blog. Pegal juga sih kalau harus menghapus banyak url error 404, apalagi cara penghapusannya harus satu persatu. Dibutuhkan ketekunan dan kontrol berkala agar tidak tambah menumpuk.


Cara menghapus error 404 di google webmasters.
Pertama kita masuk dulu ke google.com/webmasters/tools dengan akun google kita. Lalu pilih blog, pada perayapan lihat kesalahan perayapan seperti pada gambar dibawah ini ada kesalahan URL yaitu tidak ditemukan sebanyak 1 url error 404.


Kemudian klik kesalahan perayapan, dan ternyata 1 error 404 itu ada pada bagian "Desktop". Klik error 404 itu dan klik unduh.


Pilih google dokumen sebagai format unduhan lalu klik Oke.


Akan muncul jendela baru dan salin/copy url pada kolom URL.


Lalu kembali lagi kehalaman sebelumnya/search console, pilih google index - hapus URL. Klik Sembunyikan sementara dan paste url yang tadi di salin kemudian klik terus.


Kemudian klik kirim permintaan.


Bila berhasil maka akan ada pemberitahuan bahwa url telah ditambahkan untuk dihapus. Statusnya masih "tertunda" tetapi nanti akan berubah sendiri menjadi "dihapus".


Kembali lagi ke perayapan-kesalahan perayapan, pada "prioritas" dicentang kemudian klik tandai telah diperbaiki.


Sampai pada langkah ini berarti anda telah berhasil menghapus url error 404 pada google webmasters.


Cara redirect error 404 ke homepage blog.
Caranya mudah, Masuk ke blogger dan pilih blog anda. Klik setelan-preferensi penelusuran.


Klik edit pada "pesan khusus halaman tidak ditemukan" dan copy script dibawah ini lalu pastekan pada kotak yang tersedia dan simpan.


Maaf, halaman yang Anda cari tidak ada di blog ini.Anda akan segera diredirect ke halaman utama.<script type = "text/javascript">BSPNF_redirect = setTimeout(function() {location.pathname= "/"},5000);</script>


Sampai pada langkah ini anda telah berhasil me-redirect error 404 pada homepage blog setelah sebelumnya telah menghapus error 404 yang selalu muncul di google webmasters. Happy blogging sob...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
24 April 2016 pukul 10.59 delete

penjelasan yg cukup detail sob..
cakep nih post...
lanjut...

Reply
avatar
25 April 2016 pukul 01.55 delete

ok deh...terimakasih ya udah berkunjung diblog ane...

Reply
avatar
18 Juni 2016 pukul 13.19 delete

saya juga mengalami banyak error nich tiap dihapus muncul lagi .
kebanyakan error dari search , smartphone, komentar
gmn mengatasinya biar tiap dihapus ga muncul lagi

Reply
avatar
18 Juni 2016 pukul 16.09 delete

blog ini jg pernah sampai puluhan error 404 perharinya. Caranya mencegahnya seperti diatas, hapus semua error 404 lalu redirect 404 ke homepage blog buat pencegahan. Memang ngga bisa bersih, sampai skrng jg blog sy msh ada error 404nya, tp jmlhnya paling cuma 2 atau 3 error perminggu. Tp jmlh sgitu dianggap wajar karena error 404 pasti selalu ada.

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan komentar dari pembaca artikel ini untuk kemajuan blog ini. Berkomentarlah sesuai isi artikel dan bukan spam. EmoticonEmoticon