Tips sebelum membeli kacamata

04.29.00


Kacamata adalah merupakan aksesoris yang digunakan untuk melindungi mata Anda dari pancaran sinar matahari ,untuk membaca, ataupun untuk keperluan fashion. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips sebelum membeli kacamata yang perlu anda ketahui.


Berikut ini tips nya :

1. Pastikan label UV 400 atau 100% UV Protection tertera pada kacamata.
Lensa kacamata harus memiliki lapisan UV protection dengan kadar perlindungan 100% agar terhindar dari radiasi UVA dan UVB.

2. Kenali jenis bahan pembuat lensa kacamata.
Ada tiga jenis bahan yang biasa digunakan untuk lensa kacamata yaitu:
*. Polycarbonate.
Adalah lensa plastik yang sangat tipis dan paling ringan dari semua jenis lensa. Meskipun tipis, polycarbonate merupakan jenis lensa paling kuat sehingga cocok untuk aktivitas berat seperti action sport.
*. CR-39, lensa yang terbuat dari bahan polimer plastik ini tidak sekuat lensa polycarbonate namun ia memiliki lapisan anti-gores dan tahan terhadap bahan kimia.
*. Kaca, lensa yang terbuat dari bahan kaca merupakan lensa yang paling tahan gores tanpa harus diberi lapisan tambahan akan tetapi ia mudah pecah dan lebih berat saat dipakai.

3. Pilihlah Lens Tints (Warna Lensa) yang tepat.
Warna lensa pada kacamata berfungsi untuk menyerap cahaya dan membantu mata agar tidak silau saat terpapar langsung dengan sinar matahari.
Ada beberapa warna yang dapat menjadi pertimbangan saat memilih lensa:
*. Abu-abu dan hijau, dapat mengurangi pencahayaan tanpa merubah warna aslinya sehingga nyaman dikenakan untuk aktivitas umum sepanjang hari misalnya menyetir.
*. Cokelat, dapat mengurangi silau termasuk yang disebabkan oleh frekuensi biru sinar matahari dan meningkatkan kontras atau ketajaman visual terhadap warna hijau dan biru seperti rumput dan langit. Cocok untuk aktivitas memancing, bersepeda, golf, olahraga air atau pun jalan-jalan ketempat-tempat wisata  menikmati pemandangan indah.
*. Kuning/oranye, dapat meningkatkan ketajaman visual pada kondisi cahaya rendah dan berkabut sehingga objek tampak lebih jelas baik di dalam maupun luar ruangan. Akan tetapi warna lensa kuning atau oranye mempunyai kelemahan yaitu cenderung menyebabkan perubahan pada warna aslinya (distorsi).
*. Rose/merah/pink, dapat memblokir pantulan cahaya biru pada sinar matahari, meningkatkan ketajaman visual namun tetap nyaman digunakan untuk jangka waktu lama dibanding warna lensa lainnya. Seperti dalam pemakaian komputer, warna lensa ini dapat mengurangi dampak negatif penggunaan komputer seperti kelelahan mata dan silau.

4.Polarized dan Photo-chromatic Lens.
Lensa berpolarisasi berfungsi untuk mengurangi silau akibat pantulan cahaya dari beberapa objek seperti air, jalan, serta beberapa permukaan datar lainnya. Selain itu dapat pula dipakai di dalam ruangan bagi mereka yang sensitif terhadap cahaya, termasuk pasien paska bedah katarak. Sedangkan lensa photo-chromatic akan merubah cahaya terang menjadi lebih redup saat terpapar sinar ultraviolet. Penggunaan keduanya adalah sesuai kebutuhan dan tidak mutlak.

5.Komposisi Frame
Frame biasanya terbuat dari plastik, aluminium, titanium, serta beberapa bahan dasar lainnya. Sebelum membeli, cobalah berbagai jenis frame agar Anda dapat mengukur berat kacamata yang paling nyaman dikenakan. Sedangkan mengenai bentuk frame dapat anda sesuaikan menurut selera masing-masing.

Demikianlah beberapa tips sebelum membeli kacamata yang mudah-mudahan dapat berguna bagi anda sebagai bahan acuan.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan komentar dari pembaca artikel ini untuk kemajuan blog ini. Berkomentarlah sesuai isi artikel dan bukan spam. EmoticonEmoticon