Asal petir darimana

08.06.00


Asal petir darimana - Petir adalah gejala alam yang biasanya muncul di musim hujan. Petir yang juga disebut kilat atau halilintar ini kemunculannya ditandai dengan cahaya yang terang dan menyilaukan kemudian disusul dengan suara keras menggelegar yang bergemuruh. Suaranya lebih lambat muncul daripada cahayanya karena kecepatan suara lebih lambat (340 m/detik di udara) sedangkan petir mencapai visual (penglihatan ) kita dengan kecepatan cahaya (99, 793 km/detik).

Petir diibaratkan kondensator raksasa, dimana lempeng pertama adalah awan (bisa lempeng negatif atau lempeng positif) dan lempeng kedua adalah bumi (dianggap netral). Seperti yang sudah diketahui kapasitor adalah sebuah komponen pasif pada rangkaian listrik yang bisa menyimpan energi sesaat (energy storage). Petir juga dapat terjadi dari awan ke awan (intercloud), dimana salah satu awan bermuatan negatif dan awan lainnya bermuatan positif.

Petir adalah hasil pelepasan muatan listrik di awan. Energi dari pelepasan itu begitu besarnya sehingga menimbulkan rentetan cahaya, panas, dan sambarannya yang rata-rata memiliki kecepatan 150.000 km/detik itu juga akan menimbulkan bunyi yang menggelegar.

Benjamin Franklin, yang juga menemukan penangkal petir, adalah orang yang pertama mengusulkan eksperimen spark skala kecil yang memiliki beberapa kemiripan dengan petir. Dia juga sebagai penemu alat penangkal petir.

Hal yang unik dari Petir :
*.Petir menghasilkan molekul nitrogen yang dibutuhkan bagi tumbuh-tumbuhan di Bumi utuk menunjang kehidupanya.
*.Energi yang dilepas oleh sekali kilatan petir lebih besar dari pada energiyang dihasilkan seluruh pembangkit listrik di Amerika.
*.Satu kilatan petir dapat menyalakan 100 watt bola lampu selama lebih dari tiga bulan.
*.Pada titik sentuh petir ke bumi, cuaca memanas hingga 25.000 derajat Celcius.
*.Kecepatan kilatan petir 150.000 km/detik dan rata-rata ketebalannya 2,5-5 cm.
*.Setiap petir rata-rata memiliki 20.000 amper daya listrik. Seorang tukang las hanya menggunakan 250-400 amper untuk mengelas baja.
*.Petir bergerak pada kecepatan 150.000 km/detik, hampir setengah kecepatan cahaya dan 100.000 kali lebih cepat dari kecepatan suara.
*.Cahaya yang dilepaskan oleh satu kilatan lebih besar dari pada cahaya 10 juta bola lampu berdaya 100 watt. ini menerangkan apabila setiap rumah di Istanbul menyalakan satu bola lampu, pancaran cahaya dari satu kilatan petir akan lebih besar.

Ok deh..sekarang kita sudah mengetahui asal petir darimana.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Shirozuke
9 Oktober 2015 pukul 19.28 delete

Kunjungan perdana sob. keren blognya . kalau ada waktu kunjungi blog ane yaa , biar tambah erat persaudaraan MWB nya

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan komentar dari pembaca artikel ini untuk kemajuan blog ini. Berkomentarlah sesuai isi artikel dan bukan spam. EmoticonEmoticon