Cara mengatasi tablet yang sedang hang

10.06.00

Tablet mempunyai berbagai merk atau vendor seperti samsung, lenovo, advan dan lain-lain. Masalah hang pada tablet pun kadangkala terjadi walaupun tabletnya keluaran dari vendor ternama sekalipun. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor dan salah satunya adalah memory internal yang penuh sehingga proses pada system androidnya menjadi terganggu atau macet. Solusi mengatasi tablet hang sangat diperlukan dalam hal ini.

Saya ingat suatu saat teman saya pernah menyarankan kalau beli smartphone atau tablet jangan beli yang merk samsung. Samsung sekarang ini lemot kalau dipakai, begitu alasannya. Tapi menurut saya kalau masalah lemot itu rata-rata karena sering disebabkan karena kita belum begitu mengerti atau paham betul tentang cara pemakaian android yang benar. Bisa jadi karena memory internal atau ramnya yang penuh.

Mengapa memory internal atau ram cepat penuh ? Ya..bisa jadi karena perangkat dijejali dengan banyak aplikasi atau photo dan video. Tetapi yang paling berpengaruh besar adalah aplikasi, sebab aplikasi biasanya membutuhkan ram untuk menjalankannya. Bagaimana bila aplikasi yang dijalankan lebih dari satu atau banyak tanpa menutup terlebih dahulu aplikasi yang sudah tidak digunakan? Tentu saja ram yang terpakai pun menjadi lebih banyak dan mengakibatkan tablet menjadi lemot bahkan hang. Untuk lebih jelasnya anda bisa baca artikel saya yang lain tentang kumpulan cara meningkatkan kinerja android.

Back to the point...Masalah tablet hang pernah juga terjadi pada saya pribadi. Awalnya ketika saya sedang asyik-asyiknya browsing menggunakan browser tiba-tiba ada peringatan kalau website tidak merespon dan disitu ada dua pilihan yaitu "tunggu" dan "tutup". Biasanya saya pilih "tunggu" dan tak lama browser pun kembali loading.

Tetapi apa yang terjadi, ternyata tablet tidak merespon. Dalam artian tampilan tetap ada tetapi tidak bisa diklik bahkan tombol power dan volume pada tablet pun sama, tidak bisa digunakan. Saya coba tekan dan tahan tombol power biasanya tablet akan merestart dan hasilnya pun nihil. Akhirnya saya diamkan saja tablet yang sedang hang tersebut selama beberapa lama.

Setelah tablet didiamkan selama beberapa lama tetap saja tablet tidak mau merestart sendiri. Akhirnya saya pakai jurus terakhir yaitu tekan dan tahan tombol power dan volume secara bersamaan dan taraaaa.......Berhasil....Tablet mati dan merestart sendiri.





Apabila tablet yang sedang hang ini berhasil mati dan tidak mau menyala lagi caranya mudah, tekan dan tahan saja tombol power seperti kita saat kita hendak menyalakan tablet dalam posisi mati. Cara mengatasi tablet yang sedang hang diatas ini menurut saya lebih aman karena data-data pada tablet tidak menjadi hilang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
10 November 2016 pukul 21.58 delete

Terimakasih banyak kak buat TipsNya..sangat membantu.. Tadi saya sudah coba dan berhasil... :D

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan komentar dari pembaca artikel ini untuk kemajuan blog ini. Berkomentarlah sesuai isi artikel dan bukan spam. EmoticonEmoticon