Naik kereta dari karawang ke jakarta

02.28.00

Biasanya bila dari karawang ke jakarta ,saya naik sepeda motor dengan pertimbangan ekonomis dan bisa berhenti dimana saja semau saya. Walaupun bisa naik kereta atau bis umum. Tetapi saya lebih suka sepeda motor, kalau mobil pribadi belum bisa kebeli tuh..he..he.. Pada saat itu anak saya masih kecil ,berumur 9 tahun. Masih pantas lah menurut saya berboncengan bertiga dengan istri naik
sepeda motor asal menggunakan helm lengkap ,mudah-mudahan tidak ditilang polisi.

Mungkin sedikit agak cape juga berkendara selama satu setengah jam dari karawang ke jakarta tapi seperti tadi yang saya bilang kalau saya dan keluarga bisa berhenti dimana saja untuk beristirahat. Berhenti untuk minum dan santai kira-kira seperempat jam baru kemudian melanjutkan perjalanan lagi.

Tapi sekarang anak saya sudah bertambah umur dan tingginya hampir menyamai ibunya. Dia kelas satu SMP atau istilah sekarang kelas 7.  Wah bisa-bisa kena tilang polisi dong kalau berboncengan bertiga.

Oke lah saya cari alternatif kendaraan lain untuk menuju jakarta. Pilihannya antara naik mobil bus umum atau kereta. Pilihan jatuh pada kereta. Dengan alasan kereta lebih tepat waktu , murah ,dan jarak rumah saya menuju stasiun kereta karawang juga tidak jauh, hanya sekitar 10 menit bersepeda motor. Lagi pula anak saya belum pernah naik kereta. Ya hitung-hitung buat menyenangkan anak juga, sambil membeli playstation diglodok pesanan anak saya.

Jadwal keberangkatan kereta dari stasiun kereta karawang menuju ke jakarta kota adalah jam 6:28 pagi. Saya dan keluarga bersiap-siap berangkat ,istri saya memakai kacamata minus nya, sedangkan anak laki-laki saya sibuk membersihkan sendal bagusnya. Lalu kami pun berangkat ke stasiun. sepeda motor saya titipkan ditempat penitipan motor distasiun. Masuk kestasiun, lalu membeli tiket 3 lembar ,harga tiket perlembar Rp 6500, wow harga yang cukup murah untuk sampai kejakarta. Dan kereta yang akan kami tumpangi adalah kereta lokal asal purwakarta yang akan berhenti jam 6.28 distasiun karawang dan akan sampai distasiun jakarta kota jam 7.57.

Tak lama kereta pun datang. Alhamdulillah, kami semua dapat tempat duduk ,gerbong kami tidak penuh oleh penumpang. Ada seorang petugas berjaga dipintu penumpang digerbong kami. Mungkin juga ditiap gerbong ada petugas. Soalnya dia tidak mondar-mandir kegerbong lain.

Selama perjalanan, penumpang keluar masuk gerbong tetapi kok tidak ada yang namanya pengamen atau pedagang asongan yang naik ya..? Oh.. ternyata itulah fungsi petugas ditiap pintu gerbong. Mereka melarang pengamen atau pedagang asongan naik ke kereta dan juga mengawasi barangkali ada copet didalam gerbong.

Akhirnya kereta sampai di stasiun jakarta kota tepat waktu. Lalu kami pun turun dari kereta dan berjalan kaki menuju ke pasar glodok sambil berfoto-foto dulu dikota tua. Dan kesan yang kami dapatkan setelah naik kereta adalah nyaman. Kesan yang sangat berbeda dengan ketika terakhir kali saya naik kereta dari karawang ke jakarta.