Kelebihan dan kekurangan facebook bagi pengguna

05.11.00


Kelebihan dan kekurangan facebook bagi pengguna - Facebook adalah situs jejaring sosial yang paling populer sepanjang masa. Dalam waktu enam tahun, Facebook telah mengalami pertumbuhan-hal yang dramatis telah mencapai lebih dari satu miliar pengguna dan masih berkembang pesat. Bagi banyak orang, Facebook telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Namun, sementara situs media sosial bisa sangat berguna, penting untuk berhati-hati agar tidak kecanduan . Artikel ini memiliki daftar lengkap pro dan kontra dari penggunaan Facebook dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Kelebihan facebook bagi pengguna :

1. Facebook salah satu media terbaik untuk komunikasi.
Anda dapat mengirim pesan, memulai panggilan video, dan meng-upload foto dan video tanpa biaya. 

2. Facebook memungkinkan Anda terhubung ke orang yang berbeda dari mana saja di dunia.
Orang sekarang ini di mana-mana akrab dengan Facebook. Ini memberi Anda kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang budaya, nilai-nilai, kebiasaan, dan tradisi negara  lain. Hal ini juga membantu menjaga hubungan jarak jauh. Kadang-kadang di facebook orang bisa menemukan jodohnya dan bahkan berakhir di pernikahan. ini adalah salah satu bukti dari kekuatan platform media sosial ini.

3. Facebook adalah alat yang paling nyaman untuk menemukan teman-teman lama dan menjaga persahabatan hidup.
Seringkali ketika teman-teman menjauh sulit untuk tetap berkomunikasi dengan mereka. Facebook memberikan kesempatan pada anda untuk dengan mudahnya berkomunikasi dengan teman-teman lama Anda dan tetap up-to-date dengan apa yang mereka lakukan. Sangat menyenangkan untuk melihat foto mereka dari seluruh dunia. Dan andapun dapat menggunakan facebook mytopfans untuk mengetahui siapa saja teman-teman anda yang sering melihat facebook anda.

4. Kemudahan untuk berbagi perasaan dan apa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari Anda.
Anda dapat berbagi kesenangan, kesedihan dan pengalaman Anda untuk mendapatkan dukungan dari teman yang perduli dengan anda.

5. Facebook memiliki pengaturan privasi yang baik.
Anda dapat memilih tingkat privasi yang diinginkan difacebook.

6. Facebook fanpage untuk kegiatan promosi.
Bentuk kegiatan promosi dapat dilakukan pada facebook fanpage. Inilah sebabnya mengapa hampir setiap merek terkenal memiliki Facebook fanpage dan menginvestasikan banyak uang untuk mendapatkan eksposur ke konstituen inti mereka. Jika Anda pebisnis, situs ini juga memungkinkan Anda untuk beriklan.
Facebook fanpage sangat membantu untuk kampanye pemasaran yang sukses.

7. Grup Facebook juga dapat menjadi cara yang bagus untuk menghubungkan semua teman-teman dekat Anda.
Grup facebook memiliki banyak manfaat. Fitur seperti grup chat, pemberitahuan, file sharing, dll dapat membantu Anda berkomunikasi dan tetap up-to-date dengan mudah.

8. Facebook memiliki Email pengguna.
Facebook memiliki Email pengguna yang bekerja seperti Yahoo, Gmail, Outlook, dan Hotmail, yang memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima email dengan pengguna baik di dalam dan di luar situs. Sebagai contoh, jika nama Anda adalah "Ding Dong," alamat email Facebook Anda akan "DingDong@facebook.com." Anda juga dapat menerima file attachment melalui email Facebook.

9. Anda dapat chatting di ponsel Anda dengan Facebook messenger.
Aplikasi facebook messenger dapat didownload dan digunakan seperti pesan teks pada smartphone anda.

10. Digunakan oleh selebriti dan organisasi populer.
Selebriti dan organisasi populer yang menggunakan Facebook memberikan update reguler pada fans mereka, yang memungkinkan Anda untuk merasa lebih dekat dengan mereka dari sebelumnya.

11. Hubungan dapat berlanjut di Facebook.
Untuk pasangan jarak jauh, kemudahan komunikasi dapat membantu menjaga cinta tetap hidup .Situs ini bahkan dapat membantu orang yang pada akhirnya mengikat hubungan pada jenjang pernikahan.

12. Facebook memiliki game online ,aplikasi dan kuis yang populer dan adiktif.
Ada jutaan pengguna yang secara teratur terlibat dalam permainan ini.

13. Anda juga dapat menggunakan situs untuk membuat sendiri platform sosial media Anda.
Bagi artikel Anda, blog, foto, dll untuk ribuan orang.

14. Facebook menghubungkan Anda ke banyak situs-situs lain.
Jika Anda melihat tombol facebook like atau facebook share pada suatu situs , Anda dapat mengkliknya sehingga memungkinkan teman-teman Anda melihatnya dalam berita mereka sendiri atau kronologi anda.

15. Anda tidak perlu membuang waktu Anda untuk mendaftar atau login disitus lain.
Sebagian besar situs dan aplikasi sekarang memungkinkan Anda untuk langsung mendaftar atau login dengan akun Facebook Anda.

16. Facebook dirancang dengan baik!
Facebook mempunyai desain yang sederhana tanpa banyak warna pada tema dan kinerja yang efisien membuat situs sosial ini sangat dominan di dunia.


Sekarang saatnya untuk berbicara tentang beberapa kekurangan facebook bagi pengguna. Beberapa kekurangan utama situs ini antara lain :

1. Facebook mengakibatkan kecanduan bagi pemakainya.
Bagi sebagian orang,  kebiasaan orang ber-facebook-an diibaratkan seperti kebiasaan merokok. Facebook adalah alat yang berguna dan bermanfaat ,tapi itu menjadi berbahaya jika Anda mulai membuang-buang waktu berharga Anda. Ini adalah kelemahan terbesar situs ini, karena hilangnya waktu berharga Anda dapat menyebabkan masalah lain.

2. Penggunaan profil atau ID palsu.
Lebih mudah untuk membuat profil palsu difacebook.
Orang sering menggunakan profil palsu untuk menghina atau melecehkan seseorang yang mereka tidak suka. Gadis remaja yang paling rentan terhadap kegiatan ini. Ada beberapa berita tentang orang-orang, biasanya pelajar, yang menjadi depresi atau bunuh diri setelah dilecehkan di Facebook.

3. Ada banyak kelompok dan fanpage diluar sana yang radikal.
Ini sengaja dibuat untuk menyalahgunakan atau melanggar agama-agama lain, kepribadian, kebangsaan, dll. Kegiatan semacam ini tidak dapat diterima di situs global seperti Facebook. Jika Anda melihat situs seperti ini, laporkan. Administrator Facebook akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan terhadap semua kelompok-kelompok ini.

4. kegiatan Facebook tertentu telah memicu konflik antar pasangan.
Menurut sebuah penelitian terbaru, sekitar sepertiga dari pengajuan perceraian dalam beberapa tahun terakhir telah terdapat kata "Facebook". Tulisan, gambar, dan geo-tag yang memicu konflik digunakan sebagai bukti dalam proses perceraian.

5. Orang lain bisa mendapatkan informasi pribadi Anda.
Hal yang utama sangat dianjurkan adalah untuk tidak berbagi informasi pribadi Anda kepada publik. Tetapi walaupun begitu orang mempunyai banyak cara untuk nge-hack akun facebook anda. Setelah kena hack akhirnya kontrol atas akun facebook anda menjadi longgar dan anda pun tidak dapat mencegah nya. Untuk itu anda harus mempunyai juga cara mencegah facebook kena hack yang bisa anda lihat dipostingan saya sebelumnya.

6. Tidak hanya pelajar, tetapi juga orang-orang yang bekerja di kantor bisa membuang-buang waktu di Facebook. Itu sebabnya banyak kantor telah memutuskan untuk memblokir situs ini dari jaringan mereka sepenuhnya.

7. Sumber yang berbeda telah menemukan bahwa Facebook dapat mengancam jiwa.
Orang tak dikenal dapat melacak aktivitas Anda dan melihat di mana Anda berada saat itu. Jadi hati-hatilah tentang siapa yang akan Anda tambahkan sebagai teman facebook.

8. Facebook juga telah berada di pusat beberapa berita yang mengejutkan.
Seperti seorang ibu yang membunuh anaknya karena menangis kelaparan sementara dia sedang browsing Facebook, dan seorang suami membunuh istrinya karena istrinya merubah status hubungannya difacebook. Tindakan ini jarang terjadi tapi terjadi dalam kasus-kasus ekstrim. Kasus yang lebih sering adalah kecelakaan yang disebabkan oleh orang-orang yang sedang berkendara sambil melihat Facebook pada ponsel mereka.

itulah beberapa poin mengenai kelebihan dan kekurangan facebook . Setiap pengguna harus menggunakan situs ini dengan bijaksana untuk meminimalkan resiko dengan menyalakan pengaturan privasi dan selalu menyadari bahwa orang-orang dapat melihat segala sesuatu yang anda posting.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Minormayor
23 November 2015 pukul 10.00 delete

Sekarang fb sudah menjadi kebutuhan sehari hari gan. Jngn lupa mampir blog saya gan.

Reply
avatar
Anoref
23 November 2015 pukul 14.46 delete

@Minormayor, yap bener banget tuh,..yg paling penting buat ane pemakaian fb tujuannya buat silaturahmi dengan teman.

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan komentar dari pembaca artikel ini untuk kemajuan blog ini. Berkomentarlah sesuai isi artikel dan bukan spam. EmoticonEmoticon