Kumpulan tempat wisata di subang jawa barat

21.42.00

Pada waktu yang lalu saya membahas tentang menyusuri tempat wisata di karawang yang merupakan kota tempat tinggal saya sekarang. Maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas kumpulan / daftar tempat wisata di subang jawa barat. dimana kota tersebut adalah kota tempat saya dibesarkan ,yang mempunyai obyek wisata menarik dengan banyak pilihan.

Berikut ini nama tempat-tempat wisata di kabupaten subang jawa barat :

1.Air Panas Ciater atau Sari Ater Hot Spring Resort.
Sari Ater Hot Spring Resort dikenal dengan nama wisata air panas Ciater, terletak pada kawasan pegunungan Subang, di kaki gunung Tangkuban parahu,tepatnya di Desa Ciater, Kecamatan Ciater Kab.Subang. Sumber mata air panasnya berasal dari kawah aktif Gunung Tangkuban parahu yang terletak tidak jauh dari obyek wisata sari ater, sumber mata air panas tersebut disajikan dalam bentuk kolam dan kamar rendam dengan desain yang unik, yang tersebar dibeberapa lokasi obyek wisata sari ater. Luas areanya 30 ha dengan pesona alam khas pegunungan.

2.Ciater Spa.
Ciater Spa adalah suatu tempat medical & health centre yang juga memberikan fasilitas wisata. Di Ciater Spa Resort ini pengunjung dapat melakukan pengobatan secara modern dan canggih untuk merehabilitasi berbagai penyakit sambil berekreasi bersama keluarga di sana. Fasilitas yang diberikan yaitu Hotel Bintang 3, Kolam Renang, Kolam Rendam, Restaurant, Toko Cinderamata, Arena Olah Raga, Arena Rekreasi dan Ruang Pertemuan, fasilitas SPA, fasilitas meditasi, arena berkuda, camping ground.

3.Desa Wisata Wangunharja.
Desa Wisata Wangunharja berada di Kecamatan Ciater – Subang adalah salah satu gambaran desa dengan adat istiadat dan kebudayaan yang masih kental dan sampai sekarang masih terus dilaksanakan. Pengunjung dapat menyaksikan aktivitas keseharian masyarakat desa tersebut sambil menikmati suasana perdesaan yang sejuk dan tenang. Desa Wisata Wangunharja pun menyediakan fasilitas penginapan bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana desa. Setiap tahunnya di desa tersebut diadakan acara pesta rakyat yaitu Ruatan Bumi yang telah dikemas dalam suatu paket wisata.

4.Pusat Pacuan Kuda Ciater.
Pusat Pacuan Kuda Ciater terletak dalam kawasan Ciater Higland Resort di tengah perkebunan teh yang menghampar luas, adalah merupakan salah satu pusat pacuan kuda yang mempunyai fasilitas cukup lengkap bagi para penggemar olah raga berkuda, fasilitas indoor dengan luas 7000 M² dan outdoor untuk berlatih berkuda dan istal yang dapat menampung lebih dari 80 ekor kuda.Pengunjung dapat menikmati keindahan pesona alam perkebunan teh baik di dalam kawasan resort sambil berkuda, cross country dan buggy trail. Selain berkuda, pengunjung dapat melakukan kegiatan rekreasi lain dengan memanfaatkan fasilitas sport komplek yang telah dilengkapi dengan restoran dan karaoke. Kolam renang dengan desain yang unik, tempat bermain anak, camping ground serta tea walk.

5.Capolaga Adventure Camp.
Merupakan salah satu obyek ekowisata yang ada di kabupaten Subang, terletak di desa Cicadas Panaruban, kecamatan Sagalaherang.Capolaga Adventure Camp mempunyai keindahan ekosistem sungai Cimuja yang unik berupa air terjun Cimuja, air terjun Karembong dan air terjun Sawer yang dikelola secara kaidah alam. Selain air terjun, di obyek wisata inipun dapat ditemui gua-gua, salah satunya adalah Gua Badak. Dengan didukung oleh fasilitas wisata dan kegiatanout bound, menjadikan obyek ini tempat yang sangat cocok bagi para wisatawan yang mempunyai jiwa petualang. Fasilitas dan kegiatan yang dapat mendukung kegiatan rekreasi di Capolaga Adventure Camp di antaranya:

1.Out bound.
2.Outing.
3.Family atau company gathering.
4.Adventure sport.
5.Tarcking dan bird watching.
6.Tea walk.
7.Lahan perkemahan.
8.Photograhy.
9.Kolam pancing.

6.Desa Wisata Sari Bunihayu.
Desa Wisata Sari Bunihayu berlokasi di wilayah pegunungan terletak dikecamatan jalancagak Subang dengan ketinggian antara 500-1700 Dpl, luas sekitar 3 ha dan berdiri pada tahun 2002, mempunyai Ciri Khas Wisata Alam dan Budaya (Seni Tradisi). Dapat dijangkau dari berbagai penjuru kota karena letaknya sangat strategis, hanya 3 menit dari jalan regional Subang-Bandung. Tampil dengan konsep rekreasi terpadu bagi keluarga yang mendambakan suasana alami pesawahan dan alam pedesaan yang nyaman dan sejuk. Wisata Sari Bunihayu merupakan salah satu pilihan terbaik bagi para penikmat rekreasi.

7.Curug Agung.
Dikenal dengan nama Batu Kapur, terletak di Desa Curug Agung Kecamatan Sagalaherang. Pengunjung yang datang berendam di kolam air panas tersebut yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti gatal-gatal. Selain kolam rendam air panas, lokasi wisata ini dilengkapi pula dengan beberapa fasilitas pondokan , tempat rekreasi anak-anak, arena perkemahan dan rumah makan.

8.curug cileat.
Lokasi curug ini terletak di Kecamatan Cisalak Kab. Subang, dengan ketinggian curug ± 100 m, ditambah udara yang sejuk dan akan bermunculan pelangi-pelangi kecil memantul dari air terjun jika matahari pagi memancar. Selain itu, obyek wisata ini ideal bagi penggemar kegiatan berkemah. Jalur menuju ke lokasi ini belum dapat dilalui oleh kendaraan, sehingga pengunjung harus berjalan kaki beberapa kilometer.

9.Kawah Tangkuban parahu.
Merupakan salah satu obyek wisata yang terletak di wilayah selatan Kab.Subang, berada pada ketinggian 2084 m di atas permukaan laut. Keindahan alam dengan deretan kawah yang membentang dan kesejukan udara pegunungan yang khas serta hamparan gunung-gunung lain yang tinggi menjulang mengelilinginya dan banyaknya koleksi tumbuh-tumbuhan serta tanaman khas hutan tropis yang tumbuh subur disekitar kawah, menjadikan gunung tangkubanperahu sebagai tujuan wisata yang menarik di Kabupaten Subang. Dilihat dari kota Bandung, gunung tangkuban parahu memiliki bentuk yang unik menyerupai perahu terbalik. Bentuk unik dipercaya memiliki kaitan yang sangat erat dengan kisah legenda Sangkuriang.

10.Wisata Kolam Renang Ciheuluet.
Wisata kolam renang ciheuleut ini terletak di kota Subang yang menempati area seluas ± 2 ha, tepatnya di Hutan Kota Subang dan tampil dengan konsep rekreasi terpadu bagi keluarga yang mendambakan suasana alami serta murah meriah saat santai bersama keluarga untuk makan bersama “Cucurak”. Keunggulan Wisata Kolam Renang Ciheuleut diantaranya memiliki waterboom dan fasilitas untuk Outbond.

11.Kolam Renang Tirta Galih.
Terletak di kota Subang yang menempati area seluas ±2ha, airnya berasal dari sumber mata air yang bersih, jernih dan mudah untuk digunakan untuk mandi. Kolam renang ini sering dikunjungi pada waktu hari libur, yaitu sabtu dan minggu, dengan rata-rata pengunjung 100 – 150 org, di hari-hari biasa kolam renang tersebut sering di kunjungi oleh sekolah-sekolah untuk melakukan kegiatan praktek olah raga renang.

12.Pantai Kalapa Patimban.
Pantai Kalapa Patimban merupakan salah satu obyek wisata yang terdapat dikecamatan pusakanegara Kabupaten Subang yang mempunyai daya tarik khas wisata pantai. Pantai Kalapa Patimban juga mempunyai kedalaman laut yang landai sehingga para pengunjung dapat aman bermain di laut. Kegiatan yang dapat dilakukan salah satunya adalah bola volly pantai, sky boat, berperahu, memancing dan masih banyak lagi kegiatan yang dapat dilakukan disana bersama keluarga.

13.Pantai Pondok Bali.
Merupakan obyek wisata pantai yang terletak di Desa Mayangan Kecamatan Legonkulon Kab. Subang. Hamparan pasir yang membentang di pesisir laut utara menjadikan ciri khas wisata pantai, para wisatawan yang berkunjung ke obyek ini dapat melakukan kegiatan rekreasi seperti berenang, memancing di laut serta dapat menikmati keindahan pesona alam pada saat matahari terbenam.

14.Penangkaran Buaya Blanakan.
Penangkaran Buaya Blanakan terletak di Kecamatan Blanakan KabupatenSubang. Di lokasi ini dikembangkan penangkaran buaya jenis muara yang berjumlah kurang lebih 200 ekor terdiri dari buaya jantan dan betina lengkap dengan habitatnya. Di lokasi ini pengunjung pun dapat pula menyaksikan suguhan atraksi buaya-buaya muara dari atas balkon, saat menyantap makanan yang diberikan pengelola. Selain disuguhi atraksi buaya-buaya muara para wisatawan yang datang ke lokasi ini dapat menikmati sajian kuliner berupa makanan laut khas Blanakan yaitu ikan bakar Etong, Cumi dan Kepiting, yang disajikan di warung-warung yang tertata rapih di bawah kerindangan pohon-pohon, selain itu pula para wisatawan juga dapat menyusuri pesisir laut Blanakan sampai dengan Patimban dengan menggunakan jasa penyewaan kapal boat yang tersedia disana, atau bagi pengunjung yang ingin melakukan aktivitas lain seperti berkemah, jalan-jalan di hutan mangrove, dan menyaksikan beberapa satwa khas rawa pun bisa. Pilihan lainnya adalah trekking. Jika waktunya tepat, pengunjung dapat menyaksikan beberapa satwa liar lain seperti berang-berang, ular sawah, kucing hutan, dan burung kuntul. Atau bagi para pengunjung yang memiliki hobi mancing, juga dapat menyalurkan kesenangannya di Sungai Blanakan.

15.wisata Pancing Terpadu Lembah Gunung Kujang.
Wisata pancing terpadu Lembah Gunung Kujang menempati area seluas 3 ha, tepat di bawah kaki Gunung Kujang dikecamatan cijambe dan tampil dengan konsep rekreasi terpadu bagi keluarga yang mendambakan suasana alami. Keunggulan Wisata pancing Lembah Gunung Kujang diantaranya kolam pancing yang sangat luas, nyaman dan sejuk.

Demikianlah postingan saya mengenai tempat / obyek wisata yang ada di subang jawa barat yang mempunyai begitu banyak pilihan. Bila ke daerah jawa barat jangan lupa mampir ke subang ya...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar

Saya sangat mengharapkan komentar dari pembaca artikel ini untuk kemajuan blog ini. Berkomentarlah sesuai isi artikel dan bukan spam. EmoticonEmoticon