Air mancur taman sribaduga purwakarta

03.11.00


Air mancur taman sri baduga purwakarta ternyata adalah air mancur terbesar di Asia Tenggara. Air mancur sri baduga purwakarta di situ buleud tersebut menjadi kebanggaan warga purwakarta yang terbesar di asia tenggara dan di klaim mengalahkan air mancur wings of time yang ada di singapura. Kita flashback ke belakang mengenai sejarah nya. Situ buleud sendiri dibangun antara tahun 1830 sampai pertengahan 1831 atas perintah Bupati R.A. Suriawinata yang lebih di kenal sebagai Dalem solawat pendiri kabupaten purwakarta. Dan di bangun dengan tujuan sebagai sumber air bagi kepentingan pemerintahan dan masyarakat kota purwakarta. Sedangkan nama air mancur Sri baduga Maha Rahaja diambil dari nama raja pakuan pajajaran yaitu sri Baduga Maharaja (Ratu Jayadewata) yang memerintah selama 39 tahun (1482-1521). Di Jawa Barat, Sri Baduga ini lebih dikenal dengan nama Prabu Siliwangi.

Saat ini tahapan pembangunan air mancur sri baduga sudah memasuki tahap ke tiga yang telah mencapai 90 persen dan diperkirakan akan selesai pada bulan juni 2016 menurut Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi. Pembangunan air mancur yang terletak di areal seluas 5 hektar itu membutuhkan anggaran Rp 50 miliar yang bersumber dari dana APBD purwakarta. Dengan rincian yaitu sebesar Rp 15 miliar di tahun 2013, ditambah Rp 15 miliar pada 2014 dan Rp 20 miliar di tahun 2015.

Keistimewaan dari air mancur sri baduga ini yaitu memiliki banyak variasi gerakan yang disesuaikan dengan hentakan irama musik. Jika hentakan cukup cepat, air mancur pun akan menari dengan cepat. Namun jika alunan musik lambat, air mancur akan menari dengan gemulai. Air mancur berjoget menjadi semakin megah karena disinari kilauan warna-warni cahaya lampu laser yang mengiringinya dari segala penjuru mata angin. Untuk menampilkan suguhan air mancur berjoget, diputar juga film berlayarkan media air mancur atau aqua screen. 

Obyek wisata Air Mancur yang dilengkapi dengan unsur light effect dan api ini dapat menyemburkan air setinggi 6 meter dan semua aksi pertunjukan ini dapat dinikmati oleh pengunjung dengan durasi selama 45 menit. Pertunjukan dapat dilihat setiap hari pada waktu pagi dan sore. Sedangkan malam hari anda bisa datang sabtu malam saja untuk dapat lebih maksimal melihat efek cahaya sinar laser yang sangat indah bila dilihat di malam hari.

Luangkanlah waktu anda untuk berkunjung ke purwakarta yang terdapat air mancur terbesar di asia tenggara ini. Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke singapura untuk melihat pertunjukan air mancur Wings Of Time, cukup datang ke air mancur sri baduga di purwakarta ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
Erwin Permadi
11 Januari 2016 pukul 16.26 delete

Wuiihh, kayaknya lebih keren yg ini gan daripada yg di Singapore. Baru tahu saya di Purwakarta juga ada.

Reply
avatar
Anoref
11 Januari 2016 pukul 17.22 delete

@Erwin Permadi, yup...mantep dah purwakarta bs pnya yang beginian.

Reply
avatar
denimp3
26 Januari 2016 pukul 02.39 delete

Hadir gan. . . Tks atas kunjungan nya

Reply
avatar
Anoref
26 Januari 2016 pukul 06.36 delete

@denimp3, sama-sama silaturahmi...

Reply
avatar
5 Agustus 2016 pukul 13.49 delete

Semoga purwakarta semakin maju dan berkembang bisa bersaing dengan kota besar lain di indonesia..:)

Reply
avatar
5 Agustus 2016 pukul 17.56 delete

@Rustandie S.H, terimakasih sudah berkunjung ke artikel blog anoref.

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan komentar dari pembaca artikel ini untuk kemajuan blog ini. Berkomentarlah sesuai isi artikel dan bukan spam. EmoticonEmoticon