20 manfaat kapur barus

11.59.00

Kapur barus mempunyai banyak manfaat yang kadang tidak kita ketahui. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan menyajikan artikel tentang 20 manfaat kapur barus disamping fungsi utama kapur barus yaitu sebagai pewangi pada lemari pakaian atau toilet.




Macam-macam manfaat kapur barus .
1. Kapur barus menyembuhkan masalah kulit .
Kapur barus atau kamper mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat mengobati masalah kulit tertentu seperti jerawat, gatal, dan ruam kulit serta menyembuhkan luka bengkak.

Baca juga artikel tentang Cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi .

Kapur barus banyak digunakan untuk membuat salep anti-gatal. Kapur barus juga memberi bantuan sementara pada eksim. Tapi dalam jangka panjang justru membuat kulit kering sehingga memperburuk eksim. Selain itu, kapur barus tidak boleh digunakan pada luka terbuka. Pada konsentrasi tinggi akan berubah menjadi racun yang bisa membahayakan kesehatan.

2. Kapur barus untuk mengobati batuk dan melegakan tenggorokan.
Menghirup kapur barus dapat menyembuhkan batuk dan masalah pernapasan lainnya. Baunya bertindak sebagai dekongestan nasal dan membuka aliran udara. Dengan uap air panas, kapur barus dapat mengendalikan iritasi yang disebabkan oleh infeksi tenggorokan. Bila untuk melegakan tenggorokan, campurkan kapur barus dengan minyak carrier untuk kemudian dioleskan pada dada dan hidung agar bisa melegakan hidung dan tenggorokan.

3. Kapur barus untuk nyeri sendi (Osteoarthritis).
Pada krim untuk nyeri sendi terdapat bahan dari kapur barus yang biasanya untuk mengobati sendi kaku. Karena dengan bahan ini dapat mengurangi osteoartritis lebih cepat. Jadi kapur barus adalah obat yang efektif untuk nyeri sendi.

4. Kapur barus mengurangi infeksi jamur .
Kapur barus sangat efektif mengobati infeksi jamur dan virus kulit, caranya adalah larutkan dalam air dan berikan pada daerah yang terkena infeksi. Bahkan dalam kasus-kasus ekstrim dermatitis neuro, dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi gatal parah. Cara lain untuk mengobati jamur kuku adalah dengan mencampurkan lemon, minyak kayu putih, dan menthol.

5. Kapur barus untuk mengobati asma .
Bau kapur barus putih telah terbukti untuk meringankan asma. Menghirup kapur barus dapat mengurangi masalah pernapasan tersebut.

6. Kapur barus memiliki sifat anti-inflamasi.
Kapur barus banyak yang digunakan dalam obat-obatan Ayurvedic untuk menyembuhkan rematik serta nyeri otot dan nyeri. Selain manfaat tersebut, sering dibuktikan juga bahwa kapur barus juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

7. Penggunaan untuk Terapi Lainnya .
Kapur barus dikenal merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan pencernaan, serta merangsang peredaran darah dan sistem saraf.

8. Kapur barus meredakan nyeri dan gatal .
Minyak kamper atau kapur barus sering digunakan untuk meringankan nyeri otot dan sendi karena efek analgesik yang dimilikinya.Saat dioleskan pada kulit, minyak kapur barus pertama-tama mendinginkan daerah yang terkena dahulu dan kemudian menghangatkan dengan meningkatkan aliran darah. Kapur barus juga merangsang ujung saraf perifer, yang pada gilirannya membantu mengurangi rasa sakit dan gatal. Minyak atau pasta tersebut dapat dioleskan untuk mengurangi rasa sakit dan kekakuan sendi yang disebabkan oleh osteoarthritis, rematik, keseleo, dan memar.

9. Kapur barus dapat mengusir serangga, ngengat, tikus, semut dan binatang lainnya. Taburkan kapur barus yang sudah dihancurkan ditempat yang sering disinggahi binatang tersebut, binatang yang melewati dan mencium bau kapur barus akan pergi karena mereka tidak menyukai wangi dari kapur barus.

10. Kapur barus dapat menghilangkan cat minyak dan pernis.
Hali ini biasa dilakukan di negara seperti Cina dan Jepang.

11. Kapur barus untuk campuran kembang api dan pembalseman.
Kapur barus digunakan sebagai plasticizer untuk nitroselulosa, sebagai campuran pada kembang api, dan pembalseman.

12. Kapur barus mencegah karat.
Kapur barus padat melepaskan uap yang membentuk lapisan pada logam dan mencegah logam dari karat.

Baca juga artikel tentang Cara menghilangkan karat pada knalpot motor .

13. Kapur barus membantu menghilangkan kelebihan minyak di kulit.
Kapur barus digunakan pada berbagai produk kecantikan seperti pencuci wajah, masker, dan astringent.

14. kapur barus digunakan sebagai agen penyedap dalam permen.
Hal ini dilakukan pada berbagai negara di asia.

15. Kapur barus digunakan pada hidangan yang manis dan gurih.
Biasanya orang arab menggunakan bahan ini dalam hidangan manis dan gurih mereka. Kapur barus atau kamper yang digunakan untuk keperluan memasak diberi label sebagai ‘kapur barus yang dapat dimakan’. Sama halnya di india yang digunakan sebagai bumbu masak.

16. Kapur barus untuk kolam renang.
Dilakukan dengan cara menaruhnya pada didasar kolam renang yang berguna untuk menghilangkan kuman yang ada pada air. Tetapi bila terlalu banyak maka akan membuat para pengguna kolam renang tersebut menjadi perih matanya.

17. Kapur barus bertindak sebagai afrodisiak dan meningkatkan gairah seksual.
Konsumsi satu sendok teh minyak kapur barus maka libido anda akan meningkat karena merangsang hormon yang membangkitkan hasrat seksual dan dorongan gairah. Selain itu, kapur barus dapat diterapkan secara eksternal untuk membantu dengan disfungsi ereksi karena membantu merangsang aliran darah di daerah yang sakit.

18. Kapur barus mengandung sifat anti-oksidan.
Kapur barus setelah diteliti ternyata mengandung sifat anti-oksidan yang membantu meniadakan efek stres oksidatif. Karenanya kapur barus bisa membantu mencegah penyakit ginjal dan penyakit jantung serta diabetes kontrol, di samping itu kapur barus juga dapat mencegah kanker.

19. Kapur barus sebagai antispasmodic yang efektif.
Kapur barus berfungsi sebagai antispasmodic yang ampuh karena memastikan bantuan instan dalam masalah kejang dan kram. Dan kapur barus juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan kolera spasmodik.

20. Kapur barus untuk meng hemat bbm.
Kapur barus bisa meningkatkan performa mesin sekaligus meng hemat bbm dengan mencampurkannya pada bensin atau premium. Karena kadar oktan bensin akan meningkat sehingga bisa menyamai atau bahkan melebihi kemampuan pertamax.
Baca artikel lengkapnya pada link berikut ini :
Kapur barus untuk hemat bbm .

Sekian dulu artikel tentang 20 manfaat kapur barus. Terimakasih sudah berkunjung ke artikel blog anoref. (dari berbagai sumber).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan komentar dari pembaca artikel ini untuk kemajuan blog ini. Berkomentarlah sesuai isi artikel dan bukan spam. EmoticonEmoticon